Agar Tahan Air, Bagian Rumah Ini Wajib Diberi Waterproofing

Bagian Rumah Ini Wajib Diberi Waterproofing

Waterproofing atau pelapisan kedap air adalah proses melapisi bagian bangunan tertentu menggunakan bahan kedap air. Fungsi utama dari pelapisan ini adalah mencegah terjadinya rembesan atau kebocoran yang tidak diinginkan pada bagian bangunan. Pelapisan kedap air dapat diaplikasikan pada berbagai bangunan, mulai dari gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga rumah. Nah, buat kamu yang sedang membangun rumah sendiri, ada beberapa bagian rumah yang wajib diberi lapisan kedap air. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

5 Bagian Rumah yang Wajib Diberi Lapisan Kedap Air

Bagian Rumah Ini Wajib Diberi Waterproofing

Semua orang menginginkan rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman. Salah satu indikator kenyamanan rumah adalah tidak adanya kebocoran atau rembesan air yang tidak diinginkan. Selain mengganggu penghuni rumah, rembesan air yang terus menerus dibiarkan lambat laun bisa merusak ketahanan struktur tembok. Maka dari itu, kamu wajib memberikan waterproofing atau lapisan kedap air pada 5 bagian rumah berikut ini!

1. Atap

Atap adalah bagian paling atas dari sebuah bangunan rumah. Bagian itulah yang melindungi semua penghuni rumah dari panasnya sinar matahari dan air hujan. Bayangkan kalau atap rumah mengalami kebocoran saat hujan. Pasti akan sangat mengganggu seluruh orang yang ada di rumah. Maka dari itu, lapisi atap dengan pelapis kedap air agar saat hutan turun tidak terjadi kebocoran. Hal ini penting dilakukan kalau kamu menginginkan atap yang kuat dan tidak membiarkan air hujan masuk ke dalam rumah.

2. Dinding

Bagian rumah berikutnya yang wajib diberi lapisan kedap air adalah dinding, terutama yang berada di bagian luar rumah. Mengapa? Sebab, hampir sama seperti atap, fungsi dinding juga untuk menutupi semua isi rumah dari terjangan panas dan air hujan. Seringkali ditemukan ada rembesan air dari celah-celah dinding yang tidak terlihat oleh mata. Rembesan itu berasal dari air hujan yang menetes dan memasuki pori-pori dinding. Alhasil lumut jadi tumbuh dan dinding mengalami kerusakaan yang fatal. Oleh karena itu, berikan lapisan kedap air pada dinding agar hal tersebut tidak terjadi.

3. Lantai

Tidak menutup kemungkinan air bisa merembes dari bawah tanah. Apalagi jika kamu membangun rumah di atas tanah lembab yang mengandung banyak air. Bagian lantai ini juga wajib diberi lapisan kedap air untuk menutup celah-celah yang bisa dimasuki air. Dengan mengaplikasikan lapisan kedap air pada lantai, dijamin lantai rumah kamu bebas rembesan dan selalu nyaman untuk digunakan.

4. Kamar Mandi

Kamu pasti sudah bisa menduga mengapa kamar mandi wajib diberi lapisan kedap air. Aktivitas utama yang terjadi di kamar mandi erat kaitannya dengan penggunaan air. Kalau kamu tidak ingin air yang digunakan itu merembes hingga ke luar kamar mandi, maka gunakanlah lapisan kedap air untuk melindungi dinding dan lantai kamar mandi. Perlu kamu tahu bahwa rembesan air di kamar mandi juga berisiko menyebabkan tumbuhnya jamur dan lumut yang membuat kamar mandi tidak nyaman.

5. Kolam Renang

Namanya juga kolam renang, pasti berisi banyak air untuk berenang. Jangan sampai air yang terdapat di kolam renang merembes hingga masuk ke dalam bagian dinding lainnnya. Hal itu perlu dicegah dengan penggunaan lapisan kedap air saat kamu membangun kolam renang. Lapisi semua bagian samping dan lantai kolam renang untuk menutup celah-celah rembesan air yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa bagian rumah yang wajib diberi lapisan kedap air. Pastikan rumah kamu aman dari kebocoran dan rembesan air dengan menggunakan lapisan kedap air yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *