Ini Yang Harus Kalian Ketahui Keunggulan Dan Kelemahan Paving Block

Keunggulan Dan Kelemahan Paving Block

Demi terciptanya lingkungan yang nyaman dan bersih, pengurus daerah setempat akan mengerahkan petugas kebersihan untuk mengangkut semua sampah yang terkumpul di setiap rumah penduduk. Petugas taman pun juga diturunkan untuk mempercantik setiap ruas jalan yang ada dengan pepohonan rindang. Tak lupa juga ruas jalan. Supaya mobilitas nyaman, ruas jalan akan dilapisi dengan aspal. Namun, tak jarang juga di kawasan perumahan dan gang-gang kecil perkampungan, jalanan ditutupi dengan material paving. Pemasangannya yang tak terlalu mengganggu lalu lalang pengguna jalan serta dapat mempercantik penampilan lahan, merupakan satu dari sekian alasan mengapa material ini dijadikan pilihan..

Keunggulan Paving Block

Banyak sekali keunggulan paving selain yang telah disebutkan di atas. Sebut saja yang pertama dari modelnya yang beragam. Ada heksagon, segitiga, bentuk zig-zag, dan yang paling sering digunakan adalah bentuk batu bata karena pemasangannya mudah dan bisa diaplikasikan menggunakan banyak pola. Ada juga paving rumput yang permukaannya berlubang sehingga bisa ditumbuhi rumput. Jenis ini sangat cocok dipasang pada halaman rumah taman. Dengan begitu, lahan tetap hijau tapi tak becek saat hujan.

Paving memiliki ketebalan yang beragam dari 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Ketebalan tersebut dipilih berdasarkan fungsinya. Misal untuk halaman rumah, maka ketebalan 6 cm sudah cukup karena paving hanya dilalui pejalan kaki saja. Sedangkan untuk ketebalan 8 cm, umumnya untuk lahan yang dilalui kendaraan ringan seperti tempat parkir, dan yang paling tebal (10 cm) untuk lahan yang dilalui kendaraan berat seperti di area industri.

Dibandingkan dengan aspal, paving block lebih ringan. Material ini bahkan merupakan media resapan air yang baik sehingga dapat menjaga keseimbangan air tanah. Jadi, Anda tak perlu membuat tempat pembuangan air, seperti yang ada pada jalanan beraspal. Air hujan yang membasahi jalanan, akan meresap ke tanah dengan baik melalui celah-celah paving. Saat rusak juga mudah dibetulkan. Tak perlu mengerahkan banyak tenaga, Anda seorang pun bisa melakukannya. Angkat bagian yang rusak dan ganti dengan paving baru. Sangat mudah, hemat waktu dan tenaga.

Kelemahan Paving Blok

Material ini memiliki beberapa kelemahan yang pertama yaitu seringnya pemasangan kurang sesuai yang mengakibatkan susunan paving mudah bergeser sehingga polanya menjadi tidak rata dan renggang. Apalagi jika struktur (pondasi) dasarnya tidak cukup kuat dan padat, itu dapat menyebabkan permukaan paving yang telah dipasang menjadi bergelombang. Kelemahan lainnya adalah material ini kurang sesuai digunakan pada ruas jalan yang sering dilalui oleh kendaraan yang berkecepatan tinggi.

Manfaat Paving

Paving tak hanya memiliki nilai manfaat pada bidang konstruksi bangunan, tetapi juga pada aspek lingkungan. Ini karena dalam pemasangannya tidak membutuhkan banyak alat konstruksi membuatnya lebih ramah lingkungan. Tentunya hal tersebut menjadi nilai tambah tersendiri terutama di perkotaan. Pemasangannya juga dapat mempercantik lingkungan karena paving dapat disusun dengan pola sedemikian rupa yang mana bentuknya juga beraneka ragam. Material ini juga termasuk serbaguna karena selain untuk penutup lahan pekarangan rumah, paving juga bisa dipasang di ruas jalan komplek perumahan atau perkampungan, hingga untuk parkiran.

Walaupun memiliki bebeberapa kekurangan, paving masih tetap mencuri hati sebagaian orang. Apalagi dengan harga paving block yang terjangkau, tentu ini menjadi alasan terbesar bagi sebagian orang mengapa lebih memilih menggunakan paving dibandingkan aspal atau cor beton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *