4 Tips Memilih Railing untuk Tangga yang Paling Awet

Tips Memilih Railing Tangga

Tangga akan lebih aman penggunaannya jika Anda memberikan railing. Railing ini dibutuhkan sebagai penyangga agar orang yang naik tangga bisa lebih aman. Apalagi jika orang yang menggunakannya adalah orang tua atau ibu hamil. Ada banyak pilih material seperti railing kaca, kayu, aluminium, besi dan masih banyak lagi. Lalu apakah material yang tepat sebaiknya Anda gunakan? Lebih baik untuk mengetahuinya kelebihan dan kekurangan masing-masing material di awal agar railing yang digunakan bisa lebih awet.

Keawetan sebuah railing dipengaruhi oleh penggunaan dan juga jenis materialnya. Keduanya saling berkaitan sehingga Anda harus memperhatikan dengan lebih detail. Misalnya saja railing kaca, maka jenis kaca apa yang harus digunakan. Tentunya tidak sembarang jenis kaca bisa digunakan mengingat railing harus kokoh ketika digunakan. Hal-hal inilah yang harus Anda ketahui di awal sehingga mempermudah pilihan.

Tips Tepat Memilih Material untuk Railing Tangga

Tips Memilih Railing Tangga

Anda mungkin akan memilih railing yang disesuaikan dengan desain, misalnya saja desain klasik maka Anda akan menggunakan material kayu. Hal ini bisa saja dilakukan, tetapi desain bukan hanya faktor utama pemilihan. Ada banyak sekali faktor lainnya yang harus dipertimbangkan seperti ketahanan, kekuatan hingga harganya. Mempermudah Anda memilih material untuk railing tangga, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Tidak mudah terserang rayap

Material yang digunakan harus tahan terhadap rayap, karena serangga perusak inilah yang akan membuat railing tangga rapuh dan hancur. Bahkan hal yang berbahaya rayap merusak dari bagian dalam kayu dan tampilan luarnya tetap bagus. Padahal ketika digunakan railing tidak bisa menghadapi tekanan ketika digunakan. Tanpa disadari pengguna tangga bisa mengalami kecelakaan karena railing yang rapuh. Jika ingin menggunakan kayu, pastikan Anda menggunakan jenis yang tahan terhadap rayap.

  • Tahan terhadap perubahan cuaca

Tips Memilih Railing Tangga

Jika Anda hendak menggunakan railing tangga outdoor maka faktor ini harus diperhatikan. Beberapa material tidak tahan terhadap perubahan cuaca di Indonesia yaitu panas dan juga hujan. Kayu biasanya paling cepat rusak, sedangkan besi dan aluminium akan lebih mudah berkarat. Kelemahan material ini tidak akan sebanding dengan railing kaca yang sangat tahan terhadap panas dan hujan. Jenis kaca yang digunakan adalah kaca tempered yang kuat dan tahan benturan. Paparan sinar matahari yang tinggi tidak akan membuat kaca tempered lantas mudah retak.

  • Mudah perawatannya

Railing adalah bagian rumah yang juga tidak boleh dilupakan perawatannya. Tentunya Anda tidak ingin memilih material yang perawatannya rumit apalagi mahal. Perawatan kayu perlu dilakukan setiap hari dan tahunan. Kayu harus dilapisi obat anti rayap dan lapisan coating baru tiap tahun. Inilah yang membuat perawatannya cukup mahal. Berbeda dengan kaca atau aluminium yang tidak membutuhkan perawatan lebih. Anda hanya perlu membersihkan kaca tempered setiap hari dan tidak perlu melapisi ulang dengan coating apapun.

  • Pemasangannya

Pilih jenis railing yang paling mudah pemasangannya. Railing kayu membutuhkan waktu yang lebih lama karena proses persiapan kayu yang lama. Butuh waktu beberapa bulan hingga railing kayu siap dipasang, apalagi jika Anda ingin tampilan yang unik. Namun jika Anda memilih railing kaca proses pemasangannya akan lebih cepat. Kaca akan dicetak sesuai desain terlebih dahulu selama beberapa minggu. Kemudian pemasangan bisa dilakukan dalam satu hari saja. Kecepatan pemasangan tentunya akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan.

Jadi apakah Anda sudah menemukan jenis railing tangga mana yang ingin digunakan? Kini lebih mudah memilihnya bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *